h1

Perjuangan Hidup Demi Sesuap Nasi

Mei 11, 2010

Yogyakarta (Rubikita)  Panas hujan tak membuat Rahma (30) mengurungkan niatnya untuk berjualan di jalanan Pasar Bringharjo demi mencari sesuap nasi untuk keluarganya.

Rahma adalah salah satu pedagang yang menjajakan baju-baju untuk segala kalangan usia, yang menempatkan dagangannya di jalanan Pasar Bringharjo. Ia dan suaminya sama-sama berjualan disitu. Mereka berjualan sejak tahun 1995 sampai sekarang ini. Rahma dan keluarganya merupakan orang asli Yogyakarta yang bertempat tinggal di daerah Notoprajan

Ia mempunya seorang suami dan dua orang anak, suaminya berprofesi sama dengan dirinya, yaitu berjualan sehingga bergantian dalam menjaga dagangannya. Anaknya yang pertama lulusan SMK dan yang kedua baru berumur 7 tahun yang duduk di kelas 2 SD.

Berjualan didaerah pinnggiran Pasar Bringharjo bukanlah hal yang mudah, jika cuaca sedang panas terik Rahma sering sekali merasa kepanasan, tetapi jika sebaliknya hujan membuatnya kesulitan menjual dagangannya karena dagannya bisa saja menjadi basah dan tidak laku dijual. Apalagi jika Satpol PP sedang berpatroli, ia akan terkena penertiban dan tidak bisa berjualan di hari itu.

Menjual baju bukanlah suatu pendapatan yang dapat dipastikan. “kalau sedang sepi yah, paling baju yang laku cuma 2-4 biji saja”, kata Rahma.

posted by Erna Soraya

153080030

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: