h1

Putus Sekolah, Meminang Becak

Mei 11, 2010

Yogyakarta, (Rubikita) – Tiap siang Wagiyo (50) menjemput istri keduanya yang beroda tiga di penyewaan becak, mengajaknya berkeliling selama 19 jam untuk mencari rupiah-

Wagiyo sedang duduk di atas becak kesayangannya. Ia menunggu penumpang yang akan ia antar berkeliling Malioboro, Kraton, dan Alun-alun Yogyakarta. Di sela-sela penantiannya, ada kisah yang membawanya sampai di pangkalan becak ini.

Wagiyo putus sekolah ketika ia masih kelas 3 SD. Kemiskinan yang melanda keluarganya memaksa Wagiyo meninggalkan bangku pendidikannya.

Wagiyo kecil pernah bekerja menjadi kuli bangunan demi membantu perekonomian keluarga. Namun, karena upahnya tidak sebanding dengan pekerjaannya, ia memutuskan untuk meminang becak pada tahun 1984.

Pekerjaan yang telah dilakoninya selama 26 tahun itu membuatnya merasa becak yang ia kendarai sudah seperti istri keduanya. Walaupun kadang ia merasa agak keberatan acap kali menjemput becaknya harus membayar uang sewa sebesar 5 ribu rupiah. Namun, dia senang karena dengan begitu ia bisa memberikan nafkah untuk Istrinya tercintanya, Radiem (50) dan ketiga putrinya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bebannya kini sudah agak berkurang karena ketiga putrinya, Sri Mujiati (26), Sri Mujiatun (20), dan Siam Fitriana (13) telah berkeluarga. Meskipun demikian, bapak perkasa ini merasa sedih karena ketiga putrinya pun putus sekolah. Ia tidak memiliki cukup biaya untuk menyekolahkan anak-anaknya hingga selesai. Bahkan si bungsu, Siam Fitriana (13) sebelum dinikahkan pernah hilang selama 70 hari karena merasa kesal tidak dapat melanjutkan sekolah ke tingkat SMP.

Untuk itu Wagiyo berpesan kepada yang telah memiliki kesempatan sekolah untuk tetap semangat belajar agar bisa bekerja di tempat yang layak dan tidak ngrekoso (hidup susah-red-) seperti dirinya.

Posted by Hasta Nirmaya W

153080041

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: