h1

Dari Seleb Berangkat ke Politik

Mei 18, 2010

Yogyakarta (Rubikita) Fenomena yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia adalah mendengar berita tentang banyaknya selebritis yang hijrah ke kancah politik. Dengan banyaknya seleb yang pindah haluan, membuat banyak opini masyarakat berkembang. Banyak masyarakat yang berpendapat bahwa itu hanya sebagai pelarian karena para selebritis sudah tersaingi dengan banyaknya pendatang baru di dunia entertainment. Sebut saja Eko Patrio yang bergabung dalam Partai Amanat Nasional (PAN), Tantowi Yahya (Golkar), Rieke Diah Pitaloka (PDIP), Angelina Sondak (Demokrat), Adji Masaid (Demokrat), Nurul Arifin (Golkar), Primus Yustisio (PAN), Ruhut Sitompul (Demokrat), dan masih banyak lagi.

Setelah lama tak muncul di bidang entertaimen, mereka muncul dengan gaya baru sebagai wakil rakyat. Banyak yang meragukan kemampuan para artis ini, tetapi tidak sedikit pula yang percaya dengan kemampuan yang dimiliki para selebriti kita. Banyak yang menganggap mereka hanya mengandalkan kemampuan keartisan untuk merebut simpati rakyat, khususnya rakyat menengah kebawah.

Yang sekarang menjadi perbincangan public adalah artis seksi Julia Perez dan Artalita Latif. Mereka lebih disorot oleh media karena penampilannya yang terkesan seksi, tetapi berani untuk mencalonkan diri sebagai calon pemimpin. Julia Perez yang diusung partai Demokrat untuk menjadi Bupati kabupaten Pacitan, mendapat pro dan kontra dari masyarakat. Banyak yang menganggap Jupe tidak pantas untuk menjadi calon pemimpin karena dianggap bermoral jelek. Hal tersebut memunculkan opini dari kalangan masyarakat bisasa, artis maupun para politisi di negeri ini.

Semakin banyak masyarakat menganggap bahwa fenomena artis yang hijrah ke dunia politik hanya sebagai pelarian belaka. Tetapi, ada pula yang menganggap bahwa berbondong-bondongnya artis memasuki dunia politik karena partai politik kehilangan kepercayaan rakyat untuk medapatkan suara. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya politisi yang tersandung kasus korupsi. Dengan adanya hal itu, para partai politik mengangkat para artis untuk meramaikan dunia politik kita dengan tujuan mengembalikan kepercayaan rakyat.

Dilihat dari fenomena tersebut, kepopuleran artis memang menjadi salah satu faktor untuk mendapat dukungan dari masyarakat. Memang bukan hal yang utama, tetapi hal itu menjadi sesuatu yang penting. Hal itu terbukti dengan terpilihnya pasangan Heryawan-Dede Yusuf yang menjadi pemenang Gubernur dan Wakil Gubernur di Jawa Barat. Mereka merupakan salah satu pasangan sukses yang di usung oleh koalisi Partai Keadilan Sosial (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Pasangan itu mendapatkan 42 persen, mengalahkan dua saingannya. Selain Dede Yusuf yang sukses menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat, keberhasilan tersebut juga ditiru oleh Rano Karno yang terpilih menjadi Wakil Bupati Tanggerang.

Dengan adanya hal tersebut, kepindahan artis dari dunia seleb ke dunia politik pada dasarnya tidak salah, karena siapapun boleh mencalonkan diri untuk menjadi calon legislif maupun kepala daerah. Namun hendaknya jangan hanya bermodalkan materi maupun kepopuleran belaka. Harusnya mereka juga mempunyai modal dalam bidang pendidikan dan pengalaman di bidang politik. Selain itu, keberadaan mereka seharusnya juga bukan menjadi pelarian rakyat yang dikarenakan menurunnya kepercayaan karena ketidakpuasan pada calon dari kalangan politisi yang diusung oleh partai politik. Diharapkan rakyat Indonesia memilih para pemimpin yang memang benar-benar mempunyai kualitas dan kemampuan untuk menjadikan bangsa ini lebih maju. Dan banyaknya artis yang masuk ke dunia politik diharapkan dapat merubah kehidupan politik dan pemerintahan Indonesia menjadi lebih maju dan berkembang.

posted by Fatwa Faizah

153080048

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: