h1

Hasil Ujian Anjlok

Mei 18, 2010

Yogyakarta (Rubikita) Angka Kelulusan Tahun ini anjlok dari tahun sebelumnya. Siswa yang tidak lulus tahun ini mencapai lebih dari 100.000 siswa di seluruh Indonesia.

Siswa dari SD-SMP-SMA telah mengikuti UAN yang diadakan oleh Pemerintah. Dan hasil tahun ini sangat memprihatinkan karena menurunnya prosentase angka kelulusan di tahun 2010. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana bisa banyak siswa yang tidak lulus tahun 2010? Dalam mempersiapkan UAN tahun ini, pemerintah telah membuat soal-soal untuk SD hingga SMA sesuai dengan mata pelajaran yang diujikan.

Tahun ini standar kelulusan bagi siswa-siswi dari tingkat SD hingga SMA mencapai 5,50. Dalam setiap mata pelajaran mencapai rata-rata diatas 4,25. Siswa-siswi yang mengikuti UAN syok karena UAN diadakan lebih cepat dari rancangan sebelumnya. Ini membuat para siswa belum siap untuk mengikuti UAN dan standar kelulusan pun juga ikut naik.Tak hanya siswa, para guru pun juga lebih kerja ekstra mengajar demi murid-muridnya lulus dengan baik.

Pada tahun ini, pemerintah mengadakan ujian susulan bagi siswa yang tidak lulus ujian atau tidak mencapai standar kelulusan. Siswa yang tidak lulus harus mengulang mata pelajaran yang nilainya tidak memenuhi nilai standar kelulusan.

Sudah menjadi tradisi tiap tahun bila ada jawaban soal UAN bocor. Banyak para siswa yang membeli hasil kunci jawaban UAN yang padahal belum tentu jawaban tersebut betul-betul benar jawabannya. Para siswa berani membayar mahal demi kunci jawaban soal UAN. Bisa jadi siswa yang tidak lulus karena mendapat jawaban palsu UAN.

Perlu Dibenahi

Sayangnya, bagi para siswa-siswi UAN adalah sebuah ketakutan bagi siwa karena UAN dianggap sebagai ujian utama yang menentukan siswa-siswinya lulus atau tidak lulus. Apakah mungkin bila siswa yang tidak lulus UAN dianggap tidak lulus semuanya termasuk UAS?

Banyak para siswa yang menangis saat dirinya tak lulus UAN pada 1 mata pelajaran saja padahal untuk ujian sekolahnya para siswa lulus dengan nilai yang memuaskan. Inikah yang terjadi pada UAN setiap tahunnya? Ini salah pemerintah yang membuat soal, atau siswanya yang bodoh? Di suatu daerah, hampir semua siswa yang tidak lulus 1 sekolah. Bahkan siswa yang pintar disekolahnya tidak lulus ujian.

Sebaiknya benahi dulu program pemerintah dalam mengadakan UAN. Agar tidak terjadi penurunan prosentase kelulusan yang terjadi pada tahun ini. Dan sebaiknya kejadian seperti jawaban soal bocor tidak terjadi lagi sehingga angka prosentase kelulusan bisa 100% lulus.

Posted by Marlene Djuanna Azikin Putri

NIM : 153080011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: