h1

Biaya Sekolah Mahal, Mutu Masa Depan Bangsa Menurun

Mei 31, 2010

Biaya sekolah yang kini terasa semakin mahal, terbukti pada penerimaan siswa/i baru tahun ini. Mahalnya biaya sekolah akan membuat bertambahnya angka anak putus sekolah sehingga mutu masa depan bangsa terancam akan menurun.

Penerimaan siswa/i baru tahun 2010-2011 akan segera berlangsung, namun di sebagian daerah di Indonesia beberapa sekolah sudah mulai membuka penerimaan siswa/i baru. Dari keterangan beberapa sumber, ternyata patokan harga yang untuk uang pangkal masuk SMA di daerah Yogyakarta berkisar antara 2-4 juta rupiah untuk sekolah negeri dan 4-10 juta untuk sekolah swasta.

Harga yang sedemikian fantastiknya merupakan harga yang mutlak dan harus dipenuhi oleh para orang tua yang menginginkan anaknya melanjutkan sekolah ketingkat SMA. Mungkin untuk bereka yang ekonominya berkecukupan, hal tersebut tidak terlalu menjadi kendala. Tapi, bagaimana dengan mereka yang kondisi ekonominya pas-pasan? Bagi mereka yang untuk makan sehari-hari saja susah. Jangankan untuk membayar uang pangkal sekolah, untuk makan saja susah.

Keadaan yang seperti ini, akan membuat suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa anak semakin bertambahnya angka anak yang putus sekolah. Inilah yang seharusnya menjadi perhatian kita bersama? Apa jadi masa depan bangsa ini jika penerus bangsanya banyak yang putus sekolah?

Martha Virlita / 153080021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: